Monday, June 20, 2011

Ukuran Performansi Teknik Modulasi Digital

Suatu teknik modulasi digital idealnya memenuhi keempat faktor yakni sebagai berikut:

Ø    Pesat galat (error rate) rendah pada tingkat rasio daya isyarat terhadap derau  (Signal to Noise Ratio, SNR)  rendah. Pada kondisi normal, isyarat yang diterima dengan SNR yang rendah berpeluang besar untuk lebih banyak terjadi kesalahan. Teknik modulasi yang ideal harus mampu di dalam modulasinya atau dengan pengaruh derau yang besar, sedemikian sehingga kesalahannya dalam penerimaan tetap serendah mungkin.

Ø Performa yang baik pada kondisi Fading dan Multipath. Adanya fenomena beragamnya  kanal transmisi yang dilalui isyarat (multipath) menyebabkan terjadinya kondisi fading yakni isyarat yang sampai pada penerima yang melewati berbagai kanal transmisi yang berbeda akan dapat saling melemahkan, merusak, ataupun meniadakan. Dalam kondisi seperti ini teknik modulasi digital yang ideal harus mempunyai performa yang bisa diandalkan sedemikian sehingga pengaruh merugikan dari fading ini dapat ditekan sekecil mungkin.

Ø    Efisiensi lebar bidang (Bandwidth, BW). Semua teknik modulasi tidak pernah dapat mengurangi lebar bidang  isyarat informasi yang dibawa. Teknik modulasi yang baik adalah teknik modulasi yang mampu menghasilkan isyarat modulasi yang dengan lebar bidang terbatas dan tetap alokasinya, mampu mengirimkan lebih banyak data informasi. Efisiensi lebar bidang  menunjukkan bagaimana suatu teknik modulasi mampu mengalokasikan data digital semaksimal mungkin dengan lebar bidang yang terbatas. Efisiensi lebar bidang dapat dinyatakan dengan


    dengan R adalah pesat data dengan satuan bps (bit per second) dan  B adalah lebar bidang (Bandwidth) dengan satuan hertz (Hz). Dari rumus tersebut dapat disimpulkan bahwasa efisiensi lebar bidang yang baik yakni dengan alokasi lebar bidang tertentu (tetap) dapat mengirimkan lebih banyak data.

Ø   Hemat biaya dan mudah diimplementasikan. Kriteria ini lebih mengarah pada alasan teknis. Biaya yang hemat berarti dalam pengadaan teknik modulasi yang dimaksud tidak menghabiskan biaya yang lebih besar dan sebanding dengan manfaat yang dibutuhkan pada aplikasi tertentu. Teknik modulasi digital yang baik juga mudah implementasinya ke dalam sebuah sistem komunikasi.


Performa suatu teknik modulasi digital pada kenyataannya lebih sering dilihat dari nilai efisiensi daya dan efisiensi lebar bidang. Hal ini karena kedua kriteria ini cukup mewakili keempat kriteria ideal modulasi digital. Efisiensi daya berkaitan dengan bagaimana suatu teknik modulasi dapat berperan maksimal dalam upaya mempertahankan isyarat informasi digital yang dikirimkan sampai ke penerima dengan menggunakan daya yang rendah. Efisiensi lebar bidang berkaitan dengan kemampuan mengalokasikan data digital untuk dapat terkirim lebih banyak dengan lebar bidang yang terbatas seperti telah dijelaskan di atas pada kriteria ideal ketiga.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Silakan tinggalkan pesan di sini.